CLOSE

Profil Daerah


Sumatera Utara

Profil Singkat

Provinsi Sumatera Utara berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh di sebelah utara, dan Provinsi Sumatera Barat serta Provinsi Riau di sebelah selatan. Luas Provinsi Sumatera Utara sebesar 182.981,23 km2 yang terbagi menjadi 8 kota dan 25 kabupaten, dengan ibu kota terletak di Kota Medan. Pada tahun 2018, jumlah penduduk di Provinsi Sumatera Utara adalah terbanyak keempat se-Indonesia yaitu sebesar 14.41.319 penduduk yang terdiri dari 7.193.200 penduduk laki-laki dan 7.222.191 penduduk perempuan. Sebaran penduduk di Provinsi Sumatera Utara umumnya masih terpusat pada perkotaan dengan Kota Medan sebagai kota yang paling banyak jumlah penduduknya sementara Kabupaten Pakpak Barat adalah yang paling sedikit.

Peluang Investasi Daerah

Provinsi Sumatera Utara memiliki bentang alam yang beragam dengan daratan yang terbagi menjadi wilayah dataran rendah di sebelah timur dan barat, serta dataran tinggi di Karo, Toba dan Humbang yang berpeluang menjadi lokasi pariwisata. Dari segi potensi alam, Sumatera Utara juga sangat tersohor dengan tanahnya yang subur sehingga cocok untuk budidaya di sektor perkebunan. Selain itu, Provinsi Sumatera Utara juga kaya akan hasil bumi dalam bentuk tambang batu bara, minyak bumi, dan emas. Memahami bahwa terdapat potensi besar dan peluang investasi daerah, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa proses perizinan investasi akan dipermudah baik melalui penyederhanaan skema perizinan dan penggunaan teknologi untuk memudahkan prosesnya[1].

Berikut merupakan contoh peluang investasi di Provinsi Sumatra Utara:

  • Investasi Light Rail Transit di kota Medan.
  • Pengembangan pariwisata di Danau Toba, sebagai satu dari 5 obyek wisata super prioritas dengan konektivitas yang baik dan terintegrasi [2].
  • Pengembangan obyek wisata di Nias.
  • Kawasan Industri Khusus (KEK) Sei Mangkei dengan bisns utama berupa industry kelapa sawit dan karet hilir berkualitas internasional [3].
Prioritas Daerah

Dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2023, arah kebijakan prioritas pembangunan di Provinsi Sumatera Utara adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan kerja
  2. Peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan
  3. Pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan
  4. Penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas
  5. Peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata
Payung Hukum dan Kebijakan yang Mendukung TPB
  • Peraturan Daerah No. 5 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2019-2023.
  • Peraturan Gubernur Sumut no 37 tahun 2018 tentang tugas, fungsi, uraian, tugas dan tata kerjadinas komunikasi dan informatif provinsi Sumatera utara, Pasal 4 ayat 3 (k) menyatakan bahwa Kepala Sub Bagian Program, Akuntabilitas dan informasi Publik mempunyai tugas dalam “melaksanakan penyusunan dan pembinaan pelaporan Sustainable Development Goals/SDGs”.
Status Pelaksanaan TPB Terkini

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membuat Rancangan Aksi Daerah SDGs tahun 2019-2023 sebagai upaya pencapaian SDGs. RAD ini sudah selesai tahap penyusunan dan segera dilegalisasi dalam bentuk Peraturan Gubernur.

Selain pemerintah, SDGs di Provinsi Sumatera Utara juga turut didukung oleh Perguruan Tinggi, dalam hal ini Universitas Sumatera Utara dengan membentuk SDGs Center. SDGs Center ini menjadi sarana untuk riset, bertukar pikiran, serta mendorong kerjasama antar pihak sehingga SDGs dapat terlaksana dengan baik khususnya di Provinsi Sumatera Utara. 

Status pelaksanaan TPB :

  • Tingkat kemiskinan turun dari 9,22% pada 2018 menjadi 8,83% pada September 2019 dan berada dibawah rata-rata nasional (9,22%).
  • Indeks gini turun sebesar 0,001 poin dari 0,318 pada 2018 menjadi 0,317 pada Maret 2019, berada di bawah angka nasional (0,382).
  • Prevalensi stunting menurun dari 42,5% pada 2013 menjadi 32,4% pada 2018 yang menandakan perbaikan status gizi anak meskipun masih sedikit lebih tinggi dibandingkan angka prevalensi nasional (30,8%).
  • Kualitas pendidikan membaik ditandai dengan meningkatnya presentase penduduk melek huruf usia 15-24 tahun dari 99,62% (2017) menjadi 99,71% pada 2018.
  • Persentase rumah tangga di Provinsi Sumatera Utara yang menggunakan sumber penerangan listrik meningkat menjadi 97,55% pada 2018.
Strategi Pemerintah Provinsi untuk mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk menyelaraskan RPJMDnya dengan indikator-indikator TPB

-

Praktik TPB

TPB 6- Air bersih dan Sanitasi

Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh).

Program ini merupakan inovasi daerah Pemprov Sumatera Utara untuk kota Padangsidimpuan. Program ini ditujukan untuk penanganan permukiman kumuh melalui pelaskanaan pembangunan yang partisipatif. Kotaku menyasar peningkatan dan perbaikan sarana public, seperti jalanan sekitar lingkungan, saluran pembuangan air ,dan penyediaan air bersih.

Kontak

Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Jl. Pangeran Diponegoro No.21 A, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20152

Sumber

[1] Sumutprov.go.id. (n.d.). Sekda Terima Kunjungan Dari Kedutaan Jerman, Sampaikan Potensi Besar Investasi Di Sumut. Retrieved 26 March 2020, from https://www.sumutprov.go.id/artikel/artikel/sekda-terima-kunjungan-dari-kedutaan-jerman-sampaikan-potensi-besar-investasi-di-sumut

[2] Danau Toba, Kawasan Super Prioritas yang Terus Berbenah. (2020, February 16). Bebas Akses. https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/02/16/danau-toba-kawasan-super-prioritas-yang-terus-berbenah/

[3] Sei Mangkei. (n.d.). Retrieved 26 March 2020, from https://kek.go.id/kawasan/Sei-Mangkei

 

Badan Pusat Statistik. (2018, 2019).

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PEMERINTAH KOTA MEDAN. (n.d.). Berita Investasi. Retrieved 26 March 2020, from http://dpmptsp.pemkomedan.go.id/website/index.php?mod=home&opt=content&jenis=2&id_module=271&detail=N

Kantor Staf Presiden. (n.d.). Sumatera Utara Nyatakan Komitmen Implementasi SDGs – Kantor Staf Presiden. Retrieved 26 March 2020, from http://ksp.go.id/sumatera-utara-nyatakan-komitmen-implementasi-sdgs/

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Laporan Perekonomian Provinsi Sumatera Utara—Bank Sentral Republik Indonesia. (n.d.). Retrieved 26 March 2020, from https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian-ekonomi-regional/sumut/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Sumatera-Utara-Agustus-2019.aspx

Pemprovsu Dukung Pelaksanaan SDGs di Sumut. (2019, February 12). Biro Humas Dan Keprotokolan Provinsi Sumatera Utara. https://humas.sumutprov.go.id/pemprovsu-dukung-pelaksanaan-sdgs-di-sumut/

Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Provinsi Sumatera Utara—Praktik Baik Kota Padangsidimpuan Tahun 2018. (n.d.). Retrieved 26 March 2020, from https://kotakusumut.com/index.php/warta/best-practice/604-praktik-baik-kota-padangsidimpuan-tahun-2018

Situs Resmi BPKP 2020. (n.d.). Retrieved 26 March 2020, from http://www.bpkp.go.id/sumut/konten/236/

Sumutprov.go.id. (n.d.). Sekda Terima Kunjungan Dari Kedutaan Jerman, Sampaikan Potensi Besar Investasi Di Sumut. Retrieved 26 March 2020, from https://www.sumutprov.go.id/artikel/artikel/sekda-terima-kunjungan-dari-kedutaan-jerman-sampaikan-potensi-besar-investasi-di-sumut

Bagikan: