CLOSE

Profil Daerah


Kotamobagu

Profil Singkat

Kota Kotamobagu adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di sebelah Utara, Barat dan Selatan serta Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) di sebelah Timur. Sejarah Kota Kotamobagu tidak bisa terlepas dari Bolaang Mongondow terutama karena wilayahnya menjadi bagian dari Kerajaan Bolaang Mongondow (Bolmong), yang dipimpin Raja Manopo. Sebelumnya, Kotamobagu merupakan ibukota dari Kabupaten Bolmong dengan total 16 kelurahan. Namun, sejak diresmikannya Kotamobagu sebagai daerah otonom pada tanggal 2 Januari 2007 berdasarkan UU No. 4 Tahun 2007, wilayah administratif Kotamobagu terdiri atas empat kecamatan (Kotamobagu Barat, Kotamobagu Timur, Kotamobagu Utara, Kotamobagu Selatan) serta 34 desa dan kelurahan.

Kota Kotamobagu merupakan kota terkecil di Provinsi Sulawesi Utara dengan luas wilayah sebesar 108,89 km².  Berdasarkan data BPS tahun 2019, jumlah penduduk di Kotamobagu mencapai 128.387 jiwa. Meskipun luas wilayah yang kecil, Kotamobagu memiliki laju pertumbuhan penduduk tertinggi di Sulawesi Utara dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,95 persen. Hal tersebut membuat Kotamobagu menjadi kota terpadat kedua di Sulawesi Utara setelah Kota Manado, terutama dengan kepadatan penduduk sebesar 1.179 jiwa per km2.

Walikota: Ir. Hj. Tatong Bara (Periode 2018-2023)
Dilantik: 25 September 2018

Peluang Investasi Daerah

Walaupun merupakan kota terkecil di Sulawesi Utara, Kota Kotamobagu memiliki beberapa potensi investasi yang bisa dijadikan unggulan daerahnya. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotamobagu menyatakan bahwa nilai investasi di Kotamobagu dari Januari hingga April 2020 berada di angka Rp 37,6 Miliar dengan sektor investasi yang didominasi oleh sektor perdagangan dan jasa konstruksi.

Selain kedua sektor tersebut, berbagai sektor unggulan lainnya yang menjadi penopang perekonomian Kota Kotamobagu, antara lain:

  1. Sektor Perikanan
    • Budidaya ikan air tawar dengan luas 350 hektar, memiliki potensi yang cukup menjanjikan di Kota Kotamobagu. 
    • Pembudidayaan ikan, pengolahan hasil perikanan dan pemasaran hasil perikanan.
    • Potensi pengembangan ikan hias.
  1. Sektor Pertanian dan Perkebunan
    Beberapa potensi komoditas pertanian yang saat ini digarap masyarakat, seperti:
    • Kopi
      Kota Kotamobagu memiliki lahan kopi yang  tersertifikasi, tepatnya Desa Bilalang I dan Bilalang II Kecamatan Kotamobagu Utara. Kopi di dua desa tersebut sangat bagus dan berpotensi besar secara ekonomis, memiliki rasa serta ciri khas yang unik. Oleh karena itu komoditas ini memiliki potensi sebagai kawasan agrowisata.
    • Cengkeh
      Lokasi perkebunan cengkeh berada di puncak gunung di daerah Mobalang, Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotambagu Selatan.
    • Gula aren, kacang goyang, minyak nilam dan tanaman buah-buahan. 
  1. Potensi Wisata
    Beberapa potensi wisata di Kotamobagu, seperti:
    • Hutan Kota Bonawang di Kelurahan Mongkonai, Kotamobagu Barat.
      Sebagai salah satu ruang terbuka hijau, para pengunjung dapat melihat aneka flora dan fauna di hutan ini. Keberadaan Hutan Kota Bonawang telah ditata apik oleh Pemerintah Kota Kotamobagu. Berbagai flora dan fauna sedang dibudidayakan di hutan kota ini, salah satunya yaitu lebah madu.
    • Air Terjun Molipungan.
      Terletak kurang lebih empat kilometer arah selatan Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur. Air terjun tersebut memiliki enam trip air terjun, dengan ketinggian yang bervariasi. Hal ini merupakan keunggulan tersendiri dari Air Terjun Molipungan, trip pertama dengan ketinggian kurang lebih 7 meter, trip kedua 30 meter, trip ketiga 7 meter, trip keempat, kelima dan keenam masing-masing kurang lebih 10 meter.
Prioritas Daerah

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kotamobagu Tahun 2018-2023, Kota Kotamobagu memiliki visi sebagai “Kota Jasa dan Perdagangan Berbasis Kebudayaan Lokal Menuju Masyarakat Sejahtera dan Berdaya Saing”. Secara khusus pada tahun 2020, Kota Kotamobagu menetapkan tema pembangunan daerahnya, yaitu “Meningkatkan Daya Saing Melalui Pendekatan Data dan Informasi”.

Tema tersebut diimplementasikan dalam berbagai program kegiatan Kota Kotamobagu tahun 2020 yang terbagi atas tujuh prioritas pembangunan daerah, antara lain:

  1. Peningkatan Infrastruktur, Pariwisata, Kebudayaan, dan Daya Saing Investasi;
  2. Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi;
  3. Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan;
  4. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran;
  5. Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat;
  6. Reformasi Birokrasi;
  7. Pelestarian Lingkungan dan Mitigasi Bencana.
Payung Hukum dan Kebijakan yang Mendukung TPB
  • Peraturan Walikota Kotamobagu Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals;
  • Peraturan Walikota Kotamobagu Nomor 9.a Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Daerah Penyelenggaraan Kota Layak Anak Kota Kotamobagu Tahun 2018-2023;
  • Peraturan Daerah Kota Kotamobagu Nomor 3 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kotamobagu Tahun 2018-2023.
Status Pelaksanaan TPB Terkini

Pada bulan November 2016, Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Bappeda Kota Kotamobagu telah melakukan penyusunan Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goals (RAD–SDGs) Kota Kotamobagu untuk tahun 2016-2030. RAD-SDGs ini berisi penjabaran rencana aksi dan program yang akan digunakan sebagai landasan penentuan arah kebijakan yang mengacu kepada 17 agenda SDGs, dan penetapan program prioritas pembangunan Kota Kotamobagu lima belas tahun ke depan.

Dalam penyusunan dokumen ini, Bappeda Kota Kotamobagu bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo.

Adapun status pelaksanaan TPB di Kota Kotamobagu saat ini, meliputi:

  • Persentase kemiskinan di Kota Kotamobagu mengalami penurunan dari 5,96 persen (2018) menjadi 5,71 persen (2019);
  • Indeks Pembangunan Manusia di Kota Kotamobagu mengalami peningkatan dari 72,55 persen (2018) menjadi 76,12% (2019);
  • Angka harapan lama sekolah di Kota Kotamobagu mengalami peningkatan dari 12,68 tahun (2017) menjadi 12,75 tahun (2018);
  • Rata-rata lama sekolah di Kota Kotamobagu mengalami peningkatan dari 9,98 tahun (2017) menjadi 10,04 tahun (2019);
  • Angka harapan hidup di Kota Kotamobagu mengalami peningkatan dari 69,72 tahun (2017) menjadi 69,97 tahun (2018);
  • Kasus stunting di Kota Kotamobagu mengalami penurunan drastis, dari 30,7% di tahun 2018 menjadi 0,26% di tahun 2019;
  • Pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu mencapai rata-rata tujuh persen setiap tahunnya;
  • Pemerintah Kota Kotamobagu menerima penghargaan terbaik kedua setelah Kota Manado dalam bidang Sanitasi, tahun 2019;
  • Pemerintah Kota Kotamobagu menerima penghargaan Adipura Buana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, tahun 2018;
  • Pemerintah Kota Kotamobagu menerima penghargaan Kota Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, tahun 2019.
Strategi Pemerintah Provinsi untuk mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk menyelaraskan RPJMDnya dengan indikator-indikator TPB

N/A

Praktik TPB
  • Sistem Pendaftaran dan Pelayanan Kesehatan (Sipepen Sehat)
    Sipepen Sehat merupakan inovasi Pemerintah Kota Kotamobagu yang berkaitan dengan sistem pendaftaran dan pelayanan kesehatan yang terdiri atas sistem pesan singkat/SMS Gateaway serta sistem Antrian Terintegrasi Mandiri (ATM). Dalam sistem SMS Gateaway, pasien hanya perlu mengirimkan pesan singkat dengan format dan jangka waktu yang telah ditentukan (H-1 hingga 9 jam sebelum kunjungan).
  • Gerakan Wisata Membaca
    Inovasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kotamobagu ini memiliki tujuan untuk mengenalkan bahan pustaka kepada masyarakat. Rendahnya minat baca masyarakat menjadi salah satu latar belakang dilaksanakannya program ini. Sementara ini, program ini difokuskan di beberapa rumah ibadat serta fasilitas umum di Kota Kotamobagu, seperti di pasar, taman kota dan kompleks pertokoan.

TPB 6 – Air Bersih dan Sanitasi Layak

Tempat Berdiskusi dan Konsultasi Tuntas (TBNK Santun)

Program TBNK Santun merupakan program Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu. Program yang baru diluncurkan pada tahun 2019 ini merupakan program yang membuka ruang konsultasi antara pemerintah kelurahan dan desa di Kotamobagu terkait sanitasi. Program ini dilakukan agar pembangunan sanitasi dapat merata di seluruh desa/kelurahan di Kota Kotamobagu serta agar proses perencanaan pembangunan sanitasi di setiap desa dan kelurahan dapat sesuai dengan sasaran.

Kontak

BAPPELITBANGDA Kota Kotamobagu
Jl. Kampus, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat,
Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Indonesia 95716
Phone: +62-434-2629109
Email: -
Website: http://bapelitbang.kotamobagukota.go.id

Kantor WALIKOTA Kotamobagu
Jl. Ratahan No. 02, Kecamatan Kotamobagu Barat,
Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Indonesia 95716
Phone: +62-434-822816
Email: -
Website: http://kotamobagukota.go.id

Sumber:

APEKSI, 2018. Salah Kirim Kuda, Jadi Kotamobagu. Majalah KOTAKITA

BeritaTotabuan.com, 2020. Hingga April, Nilai Investasi di Kotamobagu sentuh Rp 37,6 Miliar. [Online], Diakses dari http://beritatotabuan.com/berita-kotamobagu/hingga-april-nilai-investasi-di-kotamobagu-sentuh-rp376-miliar/

BPK, n.d. Pemerintah Kota Kotamobagu. [Online], Diakses dari https://manado.bpk.go.id/?page_id=668

BPS Kota Kotamobagu, 2018. Statistik Daerah Kota Kotamobagu Tahun 2018. [Online], Diakses dari http://bapelitbang.kotamobagukota.go.id/uploads/249a6-statistik-daerah-kota-kotamobagu-2018.pdf

_______, 2020. Kota Kotamobagu Dalam Angka 2020. [Online], Diakses dari https://kotamobagukota.bps.go.id/publication/2020/04/27/968266b440c0b70c50c10bbc/kota-kotamobagu-dalam-angka-2020.html

BPS Provinsi Sulawesi Utara, 2020. Provinsi Sulawesi Utara Dalam Angka 2020. [Online], Diakses dari https://sulut.bps.go.id/publication/2020/04/27/897f9cc9236de2598ed59e6e/provinsi-sulawesi-utara-dalam-angka-2020.html

BPS Republik Indonesia, Tabel Indeks Pembangunan Manusia Kota Kotamobagu, [Online], Diakses dari https://ipm.bps.go.id/data/provinsi/metode/baru/7100

BPS Republik Indonesia, Tabel Angka Harapan Hidup Kota Kotamobagu, [Online], Diakses dari https://ipm.bps.go.id/data/provinsi/metode/baru/7100

Bagikan: