CLOSE

Profil Daerah


Kalimantan Barat

Profil Singkat

Provinsi Kalimantan Barat terletak di bagian barat pulau Kalimantan dan merupakan provinsi terbesar kedua di Indonesia dengan luasan wilayah 147.307 km2. Kalimantan Barat terbagi menjadi 12 Kabupaten dan 2 Kota, 174 kecamatan, 99 Kelurahan dan 2.031 desa. Pada tahun 2018 jumlah penduduk di Kalimantan Barat tercatat sebanyak 5.001.664 jiwa dengan Kota Pontianak sebagai daerah yang paling tinggi jumlah penduduknya dan Kabupaten Kayong Utara sebagai daerah dengan  jumlah penduduk paling rendah.

Sebagai salah satu Provinsi yang berbatasan langsung dengan negara asing yaitu Negara Bagian Serawak, Malaysia Timur, Kalimantan Barat menjadi pintu masuk yang mengubungan kedua negara melalui akses jalan darat antar negara yaitu Pontianak-Entikong-Kuching. Selain itu, Kalimantan Barat juga seringkali dijuluki dengan kota seribu sungai dikarenakan secara geografis, kota ini dialiri oleh ratusan sungai yang menjadi moda angkutan antar wilayah.

Gubernur: H. Sutarmidji, S.H., M.Hum (2018-2023)

Peluang Investasi Daerah

Kalimantan Barat menjadi daerah tujuan yang menarik bagi para investor yang ditandai oleh realisasi investasi di daerah yang terus meningkat (kompas.id). Tingginya realisasi investasi di Kalimantan Barat ini turut ditandai dengan dinobatkannya Kota Pontianak oleh Indonesia's Attractiveness Index 2018 sebagai kota potensial kategori investasi yang didukung oleh adanya kemudahan perizinan dan regulasi.

Secara umum, pendapatan daerah Provinsi Kalimantan Barat pada 2010 hingga 2018 paling besar didukung oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, serta industri pengolahan. Secara spesifik, peluang investasi di daerah adalah:

  • Sektor pertanian untuk tanaman pangan dan hortikultura tersebar diseluruh kabupaten/kota.
  • Sektor perkebunan meliputi kelapa sawit, kelapa, lada, kakao serta sektor peternakan unggas, berada di Kota Singkawang dan diarahkan diseluruh kabupaten/kota.
  • Sektor perikanan berupa budidaya air tawar, air payau dan ikan laut.
  • Sektor pariwisata, meliputi Danau Lait, Gunung Palung, Bukit Baka – Bukit Raya, Danau Sentarum serta Kawasan Metropolitan Pontianak dan sekitarnya.
  • Kawasan industri khusus pertambangan di Sungai Kunyit, Tayan, Kendawangan dan Tanjung Api.
  • Kawasan industri di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Kubu Raya.
  • Kawasan jasa perhotelan di Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kota Ketapang.
Prioritas Daerah

Pada tahun 2018-2023, arah kebjakan prioritas pembangunan Provinsi Kalimantan Barat sesuai dengan RPJMD 2018-2023 yaitu:

  • Mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur
  • Mewujudkan tata kelola pemerintahan berkualitas dengan prinsip-prinsip Good Governance
  • Mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif
  • Mewujudkan masyarakat sejahtera
  • Mewujudkan masyarakat yang tertib
  • Mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan
Payung Hukum dan Kebijakan yang Mendukung TPB
  • Peraturan Gubernur Nomor 48 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016-2018.
  • Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat No. 2 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018-2023.
Status Pelaksanaan TPB Terkini

Provinsi Kalimantan Barat secara serius melaksanakan upaya-upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, melalui penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) TPB. Lokakarya penyusunan RAD ini dilaksanakan dalam rangka menghimpun masukan dan mempercepat penyelesaian penyusunan RAD TPB Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu, Kalimantan Barat juga telah menyusun KLHS dan mengintegrasikannya ke dalam RPJMD untuk periode 2018-2023.

 

Status Pelaksanaan TPB:

  • Tingkat kemiskinan turun dari 7,77% pada 2018 menjadi 7,49% pada September 2019 dan berada dibawah rata-rata nasional (9,22%).
  • Indeks gini turun sebesar 0,21 poin dari 0,339 pada 2018 menjadi 0,318 pada September 2019, berada di bawah angka nasional (0,380).
  • Prevalensi stunting menurun dari 38,6% pada 2013 menjadi 31,5% pada 2018 yang menandakan perbaikan status gizi anak meskipun masih sedikit lebih tinggi dibandingkan angka prevalensi nasional (30,8%).
  • Kualitas pendidikan membaik ditandai dengan meningkatnya presentase penduduk melek huruf usia 15 tahun keatas menjadi 92,8% pada 2018. (Nasional: 95,66%).
  • Persentase rumah tangga di Provinsi Kalimantan Barat yang menggunakan sumber penerangan PLN semakin meningkat menjadi 83,54% pada 2018, lebih rendah dari persentase nasional yaitu sebesar 96,52%.
Strategi Pemerintah Provinsi untuk mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk menyelaraskan RPJMDnya dengan indikator-indikator TPB

n/a

Praktik TPB
  • Inovasi Pendidikan: Aplikasi SiCerdas (Sistem Informasi Cepat dari Sekolah) merupakan aplikasi digital berbasis android yang digunakan sebagai media informasi, forum diskusi dan memperoleh data perpustakaan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi tiga pihak, serta dapat memperpendek jarak antara orang tua, anak, dan guru. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.
  • Inovasi Pariwisata/Ekonomi: Agroteknopark-Pusat pembelajaran pertanian yang dibangun guna menjadi pusat sarana belajar dan pendidikan serta pelatihan teknis mendorong peningkatan IPTEK, wawasan dan keterampilan SDM petani dan masyarakat. Agroteknopark ini sebagai upaya membangun sistem pertanian yang berkelanjutan di tangan generasi muda mendatang. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.
  • Inovasi kesehatan: Dalam upaya penanganan stunting, khususnya di Kabupaten Sambas dalam bentuk pelaksananan Posyandu Remaja yang berintegrasi dengan sekolah, pelatihan masakan gizi untuk balita dan anak dalam rangka mendukung 1000 hari pertama kehidupan, dan pemasangan bendera pink untuk penandaan rumah warga yang hamil maupun majlis pengajian ibu-ibu hamil. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.
  • Khatulistiwa One Map: sistem pelayanan inovasi publik berbasis data geospasial yang dibentuk dengan tujuan mempermudah akses public terhadap data hasil penelitian, pengembangan, dan pengkajian dari berbagai stakeholder. Khatulistwa one map dapat diakses melalui browser yang didalamnya mencakupi data terkait pendidikan, kesehatan, sosial, ketenakerjaan, dll. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.
Kontak

BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat
Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kal-bar 78111
Telepon: (0561) 736013
Website: http://bappeda.kalbarprov.go.id
mail: bappeda@kalbarprov.go.id

Referensi:

Bisnis.com. (2020, Februari 18). Kalimantan Barat Kembangkan Agroteknopark. Retrieved from https://kalimantan.bisnis.com/read/20190816/407/1137579/kalimantan-barat-kembangkan-agroteknopark

BPS. (2018). Kalimantan Barat dalam Angka 2018.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Barat. (2020, Februari 13). Profil Potensi dan Peluang Investasi Provinsi Kalimantan Barat. Retrieved from http://dpm-ptsp.kalbarprov.go.id/info=3

Kabupaten Sambas. (2020, Februari 18). Presentasi Inovasi Penanganan Stunting. Retrieved from https://sambas.go.id/kesehatan/4150-presentasi-inovasi-penanganan-stunting-.html

Kementerian Kesehatan. (2018). Profil Kesehatan Indonesia. Kementerian Kesehatan.

Kompas.id. (2020, Februari 17). Tren Investasi di Kalimantan Barat Meningkat. Retrieved from https://kompas.id/baca/utama/2019/05/14/tren-investasi-di-kalimantan-barat-meningkat/

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. (2020, Februari 13). Gambaran Umum Aspek Geografis Kalimantan Barat. Retrieved from http://ppid.kalbarprov.go.id/?public=profil-daerah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. . (2020, Februari 13). Gambaran Umum Aspek Geografis Kalimantan Barat. Retrieved from http://kalbarprov.go.id/page/geografis

Satu Data Kalbar. (2020, Februari 18). Retrieved from http://data.kalbarprov.go.id/

Tribunnews. (2020, Februari 18). Launching Aplikasi SiCerdas, Ada 8 Sekolah Yang Sudah Login 100 Persen. Retrieved from https://pontianak.tribunnews.com/2020/01/31/launching-aplikasi-sicerdas-ada-8-sekolah-yang-sudah-login-100-persen?page=1

 

Bagikan: