CLOSE

INFOGRAFIS

Infografis - Kesadaran Kolektif Kunci Hadapi Pandemi COVID-19

Infografis ini memuat secara singkat konteks isu dan faktor pendukung dalam membangun kesadaran kolektif masyarakat dalam membangun ketahanan pada saat dan pasca pandemi COVID-19.

Infografis - Kebijakan dan Kemitraan dalam Pemulihan Sektor Pariwisata

Infografis ini memuat secara singkat dampak dari pandemi COVID-19 terhadap sektor pariwisata, serta kebijakan dan kemitraan yang penting dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melakukan pemulihan.

Infografis - Realokasi Anggaran dan Penyesuaian Program untuk Hadapi Pandemi

Infografis ini memuat secara singkat tentang respons dan tantangan pemerintah daerah dalam menghadapi pandemi COVID-19, berupa realokasi anggaran dan refocusing program.

Infografis - Kualitas Sinkronisasi Data Program Jaring Pengaman Sosial

Infografis ini memuat secara singkat tentang tantangan sinkronisasi data Jaring Pengaman Sosial (JPS) serta strategi sinkronisasi data JPS yang dapat ditempuh.

Infografis - Penanganan Dampak Sosial Pandemi COVID-19

Infografis ini memuat secara singkat tentang persepsi pemerintah daerah terhadap dampak sosial paling besar akibat pandemi COVID-19. Selain itu, infografis ini memuat rekomendasi kebijakan dan rekomendasi aksi yang dapat diterapkan oleh pemerintah daerah.

KAJIAN

Laporan Riset - Kesadaran Kolektif sebagai Kunci dalam Membangun Ketahanan Masyarakat Saat dan Pasca Pandemi COVID-19

Terlepas dari berbagai upaya pemerintah Indonesia dalam merespons pandemi, seperti melalui penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru, pelanggaran protokol kesehatan masih kerap terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran kolektif terkait risiko penularan COVID-19 belum terbangun secara optimal. Riset ini membahas secara mendalam lima faktor pendorong munculnya kesadaran kolektif untuk membangun ketahanan masyarakat di tengah pandemi.

Laporan Riset - Pemulihan Ekonomi Pariwisata: Tinjauan Kebijakan dan Kemitraan di Tiga Lokasi dalam Konteks Pandemi COVID-19

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi. Riset ini mengkaji secara mendalam tentang geliat sektor pariwisata di Desa Nglanggeran, Kota Sawahlunto, dan Provinsi Sulawesi Selatan di tengah pandemi COVID-19. Dari tiga studi kasus tersebut, disimpulkan bahwa pendekatan bottom-up harus menjadi prioritas untuk mempertahankan pariwisata di masa pandemi. Tak kalah penting, pemulihan sektor pariwisata harus dilakukan bersamaan dengan pemulihan kesehatan masyarakat.

Laporan Riset - Realokasi Anggaran dan Penyesuaian (Refocusing) Program: Tantangan dan Respons Pemerintah Daerah Hadapi Pandemi

Terdapat tiga fokus utama penyesuaian program pemerintah di masa pandemi: layanan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan penanggulangan dampak ekonomi. Namun dalam praktiknya, pembelanjaan anggaran tersendat dan beberapa program tidak terlaksana akibat kendala institusional dan situasional pandemi. Riset ini berusaha menganalisis kebijakan realokasi anggaran dan penyesuaian program serta menyediakan rekomendasi kebijakan untuk membantu pemerintah daerah memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia.

Laporan Riset - Adaptasi Kebiasaan Baru: Sinkronisasi Kualitas Data untuk Jaring Pengaman Sosial

Pemerintah telah menetapkan berbagai program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat lapisan bawah. Sayangnya, masih terdapat beberapa kendala terkait sinkronisasi data JPS, baik di tingkat pusat maupun daerah. Riset ini berusaha memaparkan dua isu krusial: cara pemerintah mengelola sinkronisasi data untuk memastikan kesesuaian kriteria penerima JPS serta praktik baik yang dapat memastikan kesesuaian kriteria para penerima JPS.

Laporan Riset - Menangani Dampak Sosial Pandemi COVID-19 di masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Dengan mengambil studi kasus di 4 daerah (Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Lampung, Kota Gorontalo, dan Kota Mataram), riset ini berusaha memetakan kebijakan pemerintah serta berbagai dampak sosial yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Riset ini juga mengeksplorasi langkah-langkah pemerintah daerah dalam menangani dampak sosial di tengah pandemi, serta fokus mereka pada pencapaian TPB. Riset ini juga menunjukkan betapa krusialnya pelayanan publik dan bantuan sosial – keduanya bisa dimaksimalkan dengan cara mengintegrasikan data kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Buku Saku 1: Peta Jalan Pemda untuk Bangkit dan Atasi Pandemi

Buku ini berisi panduan praktis untuk membantu para pengambil kebijakan di berbagai daerah di Indonesia dalam mengendalikan pembangunan di masa pandemi COVID-19. (Tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

Buku Saku 2: Peta Jalan DPRD Dukung Pemda untuk Bangkit Lebih Baik dari Pandemi

Buku ini berisi panduan praktis untuk membantu para anggota lembaga legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) di seluruh wilayah Indonesia dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam proses pemulihan dari pandemi COVID-19. (Tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

Buku Saku 3: Kompilasi Praktik Baik Pemerintah Daerah di indonesia untuk Bangkit dan Atasi Pandemi

Buku ini berisi deskripsi kisah sukses atau praktik dari provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia dalam mengatasi dampak COVID-19, dan kaitannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (Tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

Monev Tools 1: Laporan Evaluasi Adopsi Indikator TPB pada Pembangunan Daerah berdasarkan Permendagri 7/2018

Kajian ini berisi hasil evaluasi terkait adopsi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada proses perencanaan pembangunan di daerah berdasarkan Permendagri 7/2018 dan mempersiapkan perangkat awal evaluasi proses adopsi TPB pada perencanaan daerah.

Monev Tools 2: Laporan Inisiasi Perangkat Pemantauan dan Evaluasi Indikator TPB

Inisiasi perangkat pemantauan dan evaluasi capaian indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) ini disusun untuk menjadi baseline pada pembuatan perangkat pemantauan dan evaluasi indikator TPB pada tahap selanjutnya.

Laporan Sintesis - Denyut Dunia yang Tak Lagi Sama: Menjaga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Tengah Pandemi COVID-19

Kajian ini merupakan sintesis dari 5 riset lintas sektoral LOCALISE SDG yang dibahas dari aspek sumber daya manusia, kesadaran, koordinasi, dan kemitraan.

REKOMENDASI KEBIJAKAN

Rekomendasi Kebijakan - Kesadaran Kolektif sebagai Kunci dalam Membangun Ketahanan Masyarakat Saat dan Pasca Pandemi COVID-19

Dokumen ini berisi 5 rekomendasi kebijakan untuk membentuk kesadaran kolektif dan mendorong perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi. Rekomendasi kebijakan tidak hanya fokus pada strategi komunikasi tetapi juga pada upaya membangun ketahanan sosial-ekonomi di masyarakat.

Rekomendasi Kebijakan - Memulihkan Pariwisata: Pentingnya Kebijakan dan Kemitraan di Masa Pandemi

Terdapat 7 rekomendasi kebijakan untuk pemulihan pariwisata di tengah pandemi dalam dokumen ini. Rekomendasi kebijakan tersebut berkaitan erat dengan tujuan 8, tujuan 10, dan tujuan 12 dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pihak yang dapat menerima dampak baik dari kebijakan ini tidak hanya pemerintah pusat dan daerah, tetapi juga pengelola tempat pariwisata, pekerja pariwisata, wisatawan, dan sektor terkait lainnya.

Rekomendasi Kebijakan - Realokasi Anggaran dan Penyesuaian (Refocusing) Program: Tantangan dan Respons Pemerintah Daerah Hadapi Pandemi

Beberapa rekomendasi kebijakan yang terdapat di dokumen ini dapat diterapkan oleh pemerintah pusat dan daerah dengan turut mempertimbangkan langkah-langkah pengelolaan anggaran yang efektif di masa pandemi COVID-19.

Rekomendasi Kebijakan - Menyusun Data Jaring Pengaman Sosial yang Akurat di Masa Pandemi

Rekomendasi kebijakan dalam dokumen ini disusun untuk mendukung pemerintah daerah untuk menyusun data penerima bantuan Jaring Pengaman Sosial yang berkualitas.

Rekomendasi Kebijakan - Menangani Dampak Sosial Pandemi COVID-19 di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Dokumen ini menjabarkan rekomendasi kebijakan dan rekomendasi aksi yang dapat diterapkan oleh pemerintah daerah di Indonesia dalam mengatasi dampak sosial selama pandemi.

Publikasi Lainnya

Modul Kerja Sama Pemda

Modul Pelatihan: Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk Mendorong Pelaksanaan dan Pencapaian TPB oleh Pemerintah Daerah

Modul Melokalkan TPB

Modul Pelatihan: Teknik Mengembangkan Kerja Sama Internasional bagi Pemerintah Daerah untuk Mendorong Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Kabar TPB 8

Nawala LOCALISE SDGs edisi Maret 2021.

Kabar TPB 7

Nawala LOCALISE SDGs edisi November 2020.

Kabar TPB 6

Nawala LOCALISE SDGs edisi September 2020.

Kabar TPB 5

Nawala LOCALISE SDGs edisi Juli 2020.

Kabar TPB 4

Nawala LOCALISE SDGs edisi Mei 2020.

Kabar TPB 3

Nawala LOCALISE SDGs edisi Maret 2020.

Kabar TPB 2

Nawala LOCALISE SDGs edisi Januari 2020.

Kabar TPB 1

Nawala LOCALISE SDGs edisi November 2019.