CLOSE

Profil Daerah


Jambi

Profil Singkat

Kota Jambi yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jambi memiliki luas wilayah sebesar kurang lebih 205,38km2. Secara topografis, kota ini terletak di ketinggian yang relatif rendah, kurang lebih 10-60 meter di atas permukaan laut dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Muaro Jambi[1]. Sebelum terbentuknya Provinsi Jambi, Kota Jambi –atau yang pada saat itu dikenal dengan Karesidenan Jambi merupakan bagian dari wilayah Provinsi Sumatera Tengah. Kota Jambi ditetapkan sebagai daerah otonom berdasarkan Ketetapan Gubernur Sumatera Nomor 103 Tahun 1946 pada tanggal 17 Mei 1946. Kebijakan ini kemudian diperkuat dengan UU Nomor 9 Tahun 1956.

Secara administratif, kota ini terbagi menjadi 11 kecamatan dan 62 kelurahan. Menurut data BPS tahun 2019, jumlah penduduk Kota Jambi sebanyak 604.738 dengan komposisi sebanyak 303.818 penduduk laki-laki, dan 300.920 penduduk perempuan. Selain itu, dari sektor ketenagakerjaan, sekitar 1.765 ribu penduduk Jambi adalah angkatan kerja, dan tingkat pengangguran tercatat sebesar 8,77%[2].

Walikota: Syarif Fasha (periode 2018-2023)

Peluang Investasi Daerah

Kota Jambi menjadi salah satu kota yang dinominasikan dalam Indonesia's Attractiveness Index' tahun 2018 yang menandai adanya daya tarik yang unggul di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata. Menariknya peluang investasi bagi investor ini didukung oleh letak geografis yang strategis, kekayaan sumber daya alam, kemudahan perizinan dan kepastian hukum yang diberikan oleh Pemerintah Kota Jambi di bawah kepemimpinan Bapak DR. H. Syarif Fasha sebagai Walikota. Salah satu upaya pemerintah kota dalam meningkatkan investasi adalah memperbaiki infrastruktur, karena infrastruktur yang memadai adalah kunci awal ketertarikan para investor untuk menanamkan modal di tempat tersebut. Pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Kota Jambi menargetkan 1 Triliun investasi di bidang pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan, perhotelan, dan lainnya[3].

Dalam website Bappeda Kota Jambi (http://bappeda.jambikota.go.id/index.php/berita/menu-peluang-investasi), sektor prasarana fisik transportasi, sektor pariwisata, sektor industri pengolahan serta sektor pertanian dan perikanan dilihat menjadi peluang investasi di Kota Jambi. Berikut merupakan rincian peluang investasi berdasarkan website Bappeda Kota Jambi:

  • Sektor prasarana fisik transportasi, yang terdiri atas pengembangan pelabuhan sungai di sungai Batanghari, pembangunan sarana dan prasarana Bandara, serta pengadaan dan pengembangan moda transportasi darat dan transportasi air
  • Sektor pariwisata, seperti pembangunan hotel dan rumah makan, usaha biro perjalanan dan toko suvenir, serta pengembangan berbagai obyek wisata
  • Sektor industri pengolahan, yang terdiri atas industri pengolahan makanan khas Jambi, industri makanan/minuman dalam kemasan, industri pengolahan kerajinan hasil perkebunan serta kerajinan tradisional khas Jambi,
  • Sektor pertanian, terutama agribisnis sayuran organik dan buah-buahan
  • Sektor perikanan, terutama pengembangan ikan patin, gurami, nila serta ikan hias

Selain peluang investasi daerah yang tercatat diatas, potensi daerah lain yang dimiliki Kota Jambi juga termasuk:

  • Danau Sipin sebagai objek wisata unggulan. Pemerintah kota berencana untuk menambahkan fasilitas pertunjukan air mancur dan wisata olahraga air untuk meningkatkan daya tarik Danau Sipin.
  • Perhotelan dan pusat perbelanjaan.
  • Pembangunan infrastruktur perkotaan berupa Instalasi Sewerage System untuk Air Limbah
  • Pembangunan Jambi City Operation Center yang merupakan pemantauan aktivitas di Kota Jambi, salah satu aktivitas yang dipantau yaitu aktivitas lalu lintas menggunakan aplikasi Area Traffic Control System.
Prioritas Daerah

RPJMD Kota Jambi untuk tahun 2018-2023 baru saja ditandatangani pada bulan Mei 2019. Dalam Musrenbang RPJMD Kota Jambi 2018-2023 yang dilaksanakan pada 5 Mei 2019 lalu, Walikota Jambi Syarif Fasha dan Wakil Walikota Jambi Maulana menyampaikan bahwa visi pembangunan Kota Jambi 5 tahun mendatang, sesuai dengan janji politiknya adalah menjadikan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa berbasis masyarakat yang berakhlak dan berbudaya dengan mengedepankan pelayanan prima[4]. Adapun misi yang menopang visi tersebut adalah:

  1. Penguatan birokrasi dan peningkatan pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi,
  2. Penguatan penegakan hukum, trantibmas dan kenyamanan masyarakat,
  3. Penguatan pengelolaan infrastruktur dan utilitas perkotaan serta penataan lingkungan,
  4. Penguatan kapasitas ekonomi perkotaan, dan
  5. Peningkatan kualitas kehidupan masyarakat perkotaan.

Berdasarkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Jambi, pada tahun 2021 pembangunan di Kota Jambi akan diprioritaskan pada:

  1. Peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan yang berkelanjutan
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)
  3. Penanggulangan kemiskinan
  4. Pengembangan pariwisata dan promosi daerah
  5. Good Governance
Payung Hukum dan Kebijakan yang Mendukung TPB
  • Peraturan Daerah Nomor 7 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Jambi 2019-2023
  • Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 7 tahun 2017 tentang pengelolaan dan pengendalian limbah bahan berbahaya dan beracun
  • Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 3 Tahun 2016 tentang pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup
  • Peraturan daerah No. 8 tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Jambi 2013-2018
Status Pelaksanaan TPB Terkini
  • Laju pertumbuhan ekonomi Kota Jambi tercatat sebesar 5,21% di tahun 2019. Angka tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional (5,02%) di tahun yang sama
  • Indeks gini Kkota Jambi tahun 2019 tercatat sebesar 0.33, angka tersebut lebih rendah dari indeks gini nasional (0.38%)Indeks pembangunan manusia Kota Jambi adalah 72, Angka tersebut lebih tinggi dari IPM Provinsi Jambi (70.65) dan IPM Nasional (71,39) di tahun yang sama.
  • Persentase penduduk miskin mengalami penurunan di tahun 2019. Dibandingkan tahun 2018 (8,49%), persentase penduduk miskin menurun menjadi 8,12% di tahun 2019. Angka ini lebih rendah dari rata rata nasional tahun 2019 (9,22%).
  • Kota Jambi telah mencapai 100% angka melek huruf penduduk usia 15-24 tahun pada 2018.
  • Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun dan 13-15 tahun telah mencapai 100% pada 2018.
  • Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Kota Jambi pada tahun 2019 mencapai 94,10. Angka tersebut lebih tinggi daripada IPG Provinsi Jambi (88,40)
  • Rata-rata lama sekolah di Kota Jambi mengalami peningkatan dari 9,17 tahun (2015) menjadi 10,91 tahun (2019). Hasil ini juga melampaui rata-rata lama sekolah Provinsi Jambi yang hanya mencapai 8,45 tahun (2019)
  • Kota Jambi telah mendapatkan predikat nol stunting dan predikat kota sehat
Strategi Pemerintah Provinsi untuk mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk menyelaraskan RPJMDnya dengan indikator-indikator TPB

n/a

Praktik TPB

TPB 9

Inovasi Teknologi - Jambi Smart City merupakan inovasi pemantauan kota dengan bantuan teknologi.  Kota Jambi menjadi kota pertama di Pulau Sumatera yang memiliki ruang City Operation Center yang bernama Jambi Operation Center. Ruang tersebut berfungsi untuk memantau keadaan lalu lintas dengan menggunakan alat Area Traffic Control System. Selain itu, tilang elektonik Elektronic Traffic enforcement  juga diterapkan sebagai upaya penegakan hukum[5].

TPB 3 dan TPB 16

Inovasi Kesehatan/Pelayanan Publik - Klinik Lansia merupakan inovasi daerah yang memprioritaskan para lansia di puskesmas. Puskesmas putri ayu adalah salah satu puskesmas yang memberikan hak istimewa kepada pasien lansia.  Pasien diatas umur 56 tidak perlu berdesak-desakan menunggu dengan pasien lainnya, dikarenakan mereka mempunyai klinik khusus yang mudah dijangkau. Kemudahan pelayanan tersebut mencegah ketidakteraturan pengobatan yang memperparah keadaan penyakit kronis para pasien lansia [6].

TPB 1, 10, 17

Inovasi penanggulangan kemiskinan- Program BANGKIT BERDAYA (Bangun Kecamatan Secara Intensif dan Terpadu Berazaskan Swadaya) merupakan program percepatan pembangunan yang melibatkan masyarakat setempat. Selain mempercepat pembangunan, program ini juga menumbuhkan kembali semangat gotong royong di daerah sekitar. Program ini dilaksanakan dengan memberikan bantuan berupa material kepada RT yang berencana untuk menjalankan pembangunan [7].

TPB 1 dan TPB 4

Inovasi Pendidikan/ Sumber Daya manusia- Kartu Jambi Cerdas merupakan program pemberian beasiswa kepada siswa kurang mampu dari tingkat SD sampai SMA.  Kartu tersebut berfungsi sebagai kartu ATM dimana uang beasiswa akan ditransfer langsung ke rekening siswa. Kartu ini berlaku untuk pembayaran SPP di sekolah swasta, karena kebanyakan sekolah negeri di Kota Jambi tidak lagi memberlakukan pembayaran SPP [8].

TPB 3, 8, 10, 15, 17

Program Kampung BANTAR (Bersih, Aman dan Pintar) merupakan salah satu program percepatan pembangunan yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Jambi. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang berwawasan lingkungan bersih dan sehat, mengurangi ketimpangan, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas perekonomian masyarakat. Melalui program ini, diharapkan agar masyarakat dapat memiliki kesadaran/kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungan serta dapat menjaga ketertiban, kenyamanan dan keamanan warganya.

Kontak

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pemerintah Kota Jambi
Balai Kota, JL. Basuki Rahmat, Kota Baru, Paal Lima, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36129
bappedajambikota@gmail.com

Sumber:

[1] jambikota.go.id [2020 Maret 24] Kondisi Geografis Kota Jambi. Retrieved from https://jambikota.go.id/new/geografis/

[2] Kota Jambi dalam Angka 2020, Penyediaan Data untuk perencanaan pembangunan

[3] jambi.tribunnews.com [2020 Maret 24] Targetkan 1 Triliun , Pemkot Jambi Buka Peluang Investasi di Sektor Ini . Retrieved from https://jambi.tribunnews.com/2019/02/23/targetkan-rp-1-triliun-pemkot-jambi-buka-peluang-investasi-di-sektor-ini

[4] Musrenbang RPJMD 2020. (n.d.). Retrieved 1 June 2020, from http://bappeda.jambikota.go.id/index.php?id=127

[5] jambiekspres.co.id [2020 Maret 24] Wujudkan Kota Jambi Terkini , implementasikan Smart City, http://www.jambiekspres.co.id/read/2019/01/21/25331/wujudkan-kota-jambi-terkini-implementasikan-smart-city/

[6] transformasi.org [2020 Maret 24] Inovasi daerah kota jambi klinik lansia tak perlu repor mengantre . Retrieved from https://www.transformasi.org/en/publication/press-release/146-inovasi-daerah/2149-inovasi-kota-jambi-klinik-lansia-tak-perlu-repot-mengantre

[7] jambikota.go.id [2020 Maret 24] Program BANGKIT BERDAYA  Rerteived from https://jambikota.go.id/new/program-bangkit-berdaya/

[8] jambi.tribunnews.com [2020 Maret 24] 2700 Siswa Kurang Mampu di Kota Jambi Dapat Kartu Jambi Cerdas , Ini Fungsinya. Retrieved from:  https://jambi.tribunnews.com/2019/02/19/2700-siswa-kurang-mampu-di-kota-jambi-dapat-kartu-jambi-cerdas-ini-fungsinya

Antara Jambi, 2018. Warga Apresiasi Bangkit Berdaya dan Kampung Bantar. [Online], Diakses dari https://jambi.antaranews.com/berita/326575/warga-apresiasi-bangkit-berdaya-dan-kampung-bantar

Bappeda Kota Jambi, n.d. Peluang Investasi. [Online], Diakses dari http://bappeda.jambikota.go.id/index.php/berita/menu-peluang-investasi

_______, n.d. Sekilas Kota Jambi. [Online], Diakses dari http://bappeda.jambikota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=121:instagram-com-bappedakotajambi&catid=79&Itemid=494

BPS (2018) Data Jambi 2018

BPS Kota Jambi, 2019. Kota Jambi Dalam Angka 2019. [Online], Diakses dari https://jambikota.bps.go.id/publication/2019/08/16/e2d1ae11f93141253dc216f2/kota-jambi-dalam-angka-2019.html 

_______, 2020. Gini Rasio Menurut Kabupaten/Kota Tahun 2011-2019. [Online], Diakses dari https://jambi.bps.go.id/dynamictable/2018/04/30/437/gini-rasio-menurut-kabupaten-kota-tahun-2011---2017.html

_______, 2020. Kota Jambi Dalam Angka 2020. [Online], Diakses dari https://jambikota.bps.go.id/publication/2020/05/20/23eee8bac2fa21e0e6e80d74/kota-jambi-dalam-angka-2020.html

BPS Provinsi Jambi, 2019. Keadaan Ketenagakerjaan Provinsi Jambi Agustus 2019. [Online], Diakses dari https://jambi.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/387/keadaan-ketenagakerjaan-provinsi-jambi-agustus-2019.html

_______, 2020. Indeks Pembangunan Gender (IPG) Menurut Kabupaten/Kota, 2017-2019. [Online], Diakses dari https://jambi.bps.go.id/dynamictable/2018/08/13/666/-indeks-pembangunan-gender-ipg-menurut-kabupaten-kota-2017--2019.html

_______, 2020. Indeks Pembangunan Manusia (Metode Baru) Menurut Kabupaten/Kota, 2010-2019. [Online], Diakses dari https://jambi.bps.go.id/dynamictable/2018/04/03/362/indeks-pembangunan-manusia-metode-baru-menurut-kabupaten-kota-2010-2019.html

_______, 2020. Rata-Rata Lama Sekolah (MYS) Provinsi Jambi Menurut Kabupaten/Kota, 2010-2019. [Online], Diakses dari https://jambi.bps.go.id/dynamictable/2017/08/22/80/rata-rata-lama-sekolah-mys-provinsi-jambi-menurut-kabupaten-kota-2010-2019.html

Hanapi, M., 2020. Kota Jambi Pertahankan Nol Stunting Melalui Germas. [Online], Diakses dari https://jambi.antaranews.com/berita/378126/kota-jambi-pertahankan-nol-stunting-melalui-germas

Jambi-independent, 2018. Program Bangkit Berdaya Maju Pesat di 11 Kecamatan. [Online], Diakses dari https://www.jambi-independent.co.id/read/2018/03/12/20473/program-bangkit-berdaya-maju-pesat-di-11-kecamatan

_______, 2020. Warga Setempat Wujudkan Kampung Bantar. [Online], Diakses dari https://jambi-independent.co.id/read/2020/03/13/48604/warga-semangat-wujudkan-kampung-bantar

Jannah, M., 2020. Musrenbang RKPD Sy Fasha Paparkan Rencana Pembangunan Kota Jambi Tahun 2021. [Online], Diakses dari https://jambi.tribunnews.com/2020/04/15/musrenbang-rkpd-sy-fasha-paparkan-rencana-pembangunan-kota-jambi-tahun-2021

Pemerintah Kota Jambi, 2016. Program BANGKIT Berdaya. [Online], Diakses dari https://jambikota.go.id/new/program-bangkit-berdaya/

_______, n.d. Bangkit Berdaya, Inovasi dan Solusi Akselerasi Pembangunan Kota Jambi. [Online], Diakses dari https://jambikota.go.id/new/2017/11/14/bangkit-berdaya-inovasi-dan-solusi-akselerasi-pembangunan-kota-jambi/

_______, n.d. Kampung BANTAR. [Online], Diakses dari https://jambikota.go.id/new/kampung-bantar/

_______, n.d. Sejarah Kota Jambi. [Online], Diakses dari https://jambikota.go.id/new/sejarah-kota-jambi/

_______, n.d. Visi dan Misi. [Online], Diakses dari https://jambikota.go.id/new/visi-dan-misi/

Bagikan: