CLOSE

SDGs Center


SDGs Center Universitas Lampung

Profil Singkat

Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs) membutuhkan dukungan publik dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi yang efektif dalam mencapai semua tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut. Universitas dapat memainkan peran strategis untuk meningkatkan kredibilitas kebijakan, program, pemantauan dan evaluasi pencapaian SDGs di tingkat lokal, nasional dan internasional. Universitas Lampung (UNILA) adalah lembaga penting untuk memainkan peran dalam penelitian dan pengembangan multi-disiplin yang terkait dengan SDGs. Untuk itu, Universitas Lampung pada 15 Februari 2019, mendirikan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) SDGs, dan saat ini berkembang menjadi Badan Pelaksana (BP) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs Center UNILA.

SDGs Center UNILA memiliki visi menjadi pusat penelitian dan pengembangan yang unggul dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Misi SDGs Center UNILA adalah: 1) Localizing SDGs di Pulau Sumatra, khususnya di Provinsi Lampung. 2) Memberikan data tentang kemajuan pencapaian SDGs 2030. 2) Memberikan rekomendasi kebijakan berbasis bukti untuk mencapai SDGs 2030. 3) Pemantauan dan evaluasi kemajuan SDGs di Provinsi Lampung. 4) Mengarusutamakan SDGs ke dalam riset universitas. 5) Menjadi payung untuk penelitian multi-disiplin pada SDGs di Universitas Lampung. 6) Memfasilitasi pengembangan kapasitas komunitas akademik tentang masalah SDGs. 7) Memfasilitasi Beliaulog dan Pertukaran Pengetahuan (KE) dari multi-pemangku kepentingan dalam mencapai SDGs.

Program dan Kegiatan Terkait TPB Yang Sudah Dilakukan:

SDGs Center UNILA memiliki beberapa program dan kegiatan terkait SDGs yaitu: studi atau penelitian tentang SDGs / 17 Tujuan Pembangunan Berklenjutan, pembuatan dan maintenance Dashboard SDGs untuk memonitor pencapaian institusi UNILA serta Pemerintah Kota dan Kabupaten dalam SDGs, publikasi ilmiah/artikel jurnal dalam kajian SDGs, policy paper and policy briefing on SDGs untuk pemerintah kota dan kabupaten, Annual Conferences/ Symposium dan seminars on SDGs, Workshops dan Trainings peningkatan kapasitas aktor SDGs di tingkat lokal, kerjasama dalam monitoring dan evaluasi dalam SDGs.

SDGs Center UNILA memiliki beberapa program dan kegiatan terkait SDGs yaitu:

  1. Studi atau penelitian tentang SDGs / 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu: (a) Adopsi, adaptasi, dan analisis TPB/SDGs untuk universitas melalui dashboard Time Higher Education/THE, (b) Analisis global policy diffusion TPB/SDGs pada tingkat nasional dan local, (c) Analisis pola koordinasi dalam implementasi TPB/SDGs di tingkat local dari perspektif Post-NPM.
  2. Pembuatan dan maintenance Dashboard SDGs berupa aplikasi digital untuk memonitor pencapaian UNILA serta Pemerintah Kota dan Kabupaten dalam SDGs. Launching Dashboard SDGs Unila telah dilaksanakan pada tanggal 29 November.
  3. Annual Conferences/ Symposium dan seminars on   SDGs, Workshops dan Trainings peningkatan kapasitas aktor SDGs di tingkat local, yaitu: (a) Workshop ToT Analytical Data Cloud SAP on SDGs bekerjasama dengan Asean Foundation bulan Februari 2019, (b) Seminar Moving Toward the Achievement of SDGs bekerjasama dengan UNDP, BAPPENAS dan ADB pada bulan November 2019.
Daftar Tenaga Ahli:

Dr Unang Mulkhan

Expert on Localizing SDGs/ Ahli TPB di Tingkat Daerah

Dr Unang Mulkhan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB dari perspektif teori difusi kebijakan global, teori kelembagaan, teori pemangku kepentingan dan kemitraan. Penelitiannya saat ini tentang SDGs berfokus pada identifikasi dinamika adopsi, tantangan, dan MONEV (Monitoring Evaluation). Beliau melakukan penelitian tentang adopsi kerangka kerja internasional dan standar SDGs di tingkat lokal melalui kebijakan dan program pemerintah daerah. Saat ini melalui pusat SDGs UNILA, beliau menyusun Rencana Aksi Daerah/ RAD tentang SDGs, kerjasama Internasional antar kota, serta penilaian/evaluasi implementasi SDGs di tingkat lokal untuk mempromosikan akuntabilitas bagi semua aktor di masyarakat. Beliau mempresentasikan hasil penelitiannya tentang peran pemerintah daerah dalam kota Hak Asasi Manusia dan SDGs melalui perspektif Post-NPM di 2019 di the 9th World Human Rights Cities Forum (WHRCF) 2019 di Gwangju, Korea Selatan. Sejak 2019, beliau aktif mengikuti beberapa workshop tentang localizing SDGs yang diselenggarakan oleh United Cities and Local Government of Asia Pacific (UCLG ASPAC). Dr Mulkhan menerima gelar PhD dalam kajian Etika Bisnis dari Stirling University, Skotlandia UK dan meraih gelar M.B.A dari Maastricht School of Management (MSM), Belanda. Dr Mulkhan terpilih sebagai salah satu peneliti di Asia tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan masalah Hak Asasi Manusia di bawah program Regional Research Initiative / RRI 2019, yang dijalankan oleh Raul Wallenberg Institute (RWI), SweBeliau. Beliau juga mengikuti kursus singkat tentang Pembangunan Ekonomi Lokal Berkelanjutan (SLED) di bawah Netherlands Fellowship Program/NFP di Erasmus University, Belanda pada tahun 2019. Saat ini, beliau menjadi ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan/Puslitbang SDGs pertama di Universitas Lampung. Disamping itu beliau juga menjabat sebagai direktur eksekutif sebuah LSM, Edelweiss Center for Sustainable Development (ECSD). Beliau dapat dihubungi melalui email: unang.mulkhan@fisip.unila.ac.id

Dr Yulia Rahma Fitriana

Expert on Natural Resource Management/ Ahli Pengelolaan Sumber Daya Alam

Dr Yulia Rahma Fitriana (Ana) menerima gelar PhD dalam Manajemen Sumber Daya Alam dari Universitas Queensland, Australia dan meraih gelar Magister Pengembangan Pedesaan Tropis dari Institut des Regions Chaudes, SupAgro Montpellier, Perancis. Beliau memiliki keahlian yang kuat dalam Manajemen Sumber Daya Alam, menggabungkan penelitian dengan pendekatan social and scientific research. Beliau melakukan tiga penelitian penting tentang 1) Keragaman Macrozoobenthos di area Bekas Kolam di Taman Hutan Ngurah Rai, Bali; 2) Lansekap dan Sistem Pertanian dalam Transisi: Studi Kasus di Distrik Viengkham, Provinsi Luang Prabang, Laos; 3) Rekonsiliasi Konservasi dan Pembangunan: Kasus Produsen Kopi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Indonesia. Dr Yulia Rahma Fitriana saat ini juga sebagai dosen dan peneliti di departemen Kehutanan, Universitas Lampung.

Iwan Sulistyo, MA

Expert on SDGs Global Governance/ Ahli Tata Kelola Global TPB

Iwan Sulistyo meraih gelar Master of Arts dalam Hubungan Internasional dari Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Penelitiannya berfokus pada difusi dan adopsi kebijakan dan peraturan internasional seperti hak asasi manusia dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Beliau berpartisipasi dalam Forum Hak Asasi Manusia Dunia ke-9 (WHRCF) 2019 di Gwangju, Korea Selatan, mempresentasikan hasil riset tentang bagaimana pemerintah daerah memainkan perannya dalam mengadopsi SDGs sebagai agenda global dan dalam pemenuhan hak asasi manusia. Beliau aktif terlibat dalam penyelenggaraan Konferensi Internasional Indonesia dalam Studi Interdisipliner pada tahun 2018 dan juga di Sekolah Musim Panas antara Universitas Lampung dan Universitas Zagreb Kroasia, pada tahun 2019 berjudul “The Wellspring of Academic Spirit: Digital Data and Security on the Sustainable Development Era”. Beliau adalah salah satu pendiri Masyarakat Indonesia untuk Studi Eropa/ the Indonesian Community for European Studies (ICES). Saat ini, beliau juga bekerja untuk departemen Hubungan Internasional, Universitas Lampung, Indonesia dan terlibat dengan sebuah LSM, Edelweiss Centre for Sustainable Development (ECSD), dalam penelitian dan pengembangan masyarakat dari perspektif SDGs di Provinsi Lampung.

Daftar Publikasi:
Wilayah Kerja:
Fokus pada Pulau Sumatera, khususnya Provinsi Lampung
Kontak

SDGs Center Unila
Gedung Rektorat Lantai 5 Universitas Lampung
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1
Bandar Lampung, 35145, INDONESIA
Email: unang.mulkhan@fisip.unila.ac.id
Website: http://sdgcenter.unila.ac.id/