CLOSE

Profil Daerah


Pangkal Pinang

Profil Singkat

Kota Pangkalpinang merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berada di sebelah timur Pulau Bangka. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bangka di bagian Utara dan Barat, Kabupaten Bangka Tengah di bagian Selatan, dan Laut Cina Selatan di bagian Timur.

Secara etimologi, nama ‘Pangkalpinang’ berasal dari dua kata yaitu Pangkal yang berarti pusat atau awal mula (bahasa Melayu Bangka) sedangkan kata Pinang berasal dari pohon Pinang. Kota yang sudah berkembang sejak tahun 1757 ini memiliki luas wilayah sebesar 118,41 km2 dan terbagi atas tujuh kecamatan, 42 Kelurahan, 114 Rukun Warga (RW), dan 355 Rukun Tetangga (RT). Berdasarkan data BPS, Kota Pangkalpinang memiliki jumlah penduduk sebanyak 208.520 orang (tahun 2018) dan laju pertumbuhan sebesar 2,02 persen. Dengan kepadatan penduduk sebesar 1.755 orang per km2, Kota Pangkalpinang menjadi daerah terpadat di Kepulauan Bangka Belitung jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di provinsi tersebut.

Beberapa inovasi yang dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi di kota Pangkalpinang antara lain:

  • Taman vertikal Semabung
  • Taman vertikal Dino
  • Tugu Kerito Surong
  • Tugu Sinergi HIPMI PGK
  • Lampu Beribu Senyuman
  • Taman Median Pasar
  • Lampu Perampai PGK
  • Panggung Ekspresi PGK
  • Taman Senja Delova
Peluang Investasi Daerah

Sesuai dengan Laporan Potensi dan Peluang Investasi tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPNAKER) Kota Palangkaraya, potensi dan peluang investasi di Kota Pangkalpinang terbagi atas 4 sektor antara lain sektor pariwisata, sektor pertanian dan peternakan, sektor perikanan, serta sektor perdagangan, jasa dan industri. Berikut merupakan peluang investasi dari masing-masing sektor :

  1. Sektor Pariwisata

    1. Pantai Pasir Padi
    2. Pantai Tanjung Bunga
    3. Bangka Botanical Garden (BBG)
    4. Kawasan Kolong Retensi Kacang Pedang
    5. Gang Singapur dan Pasar Mambo
    6. Tamansari (Wilhelmina Park)
    7. Lapangan Golf Girimaya
  2. Sektor Pertanian dan Peternakan

    1. Kacang tanah
    2. Jagung
    3. Ketela pohon dan ketela rambat
    4. Tanaman obat
    5. Tanaman hias
    6. Nanas
    7. Manggis
    8. Cabai besar
  3. Sektor Perikanan

    1. Ikan selar hijau
    2. Pelagis kecil
    3. Bawal hitam
    4. Vannamel (ikan hias)
  4. Sektor Perdagangan, Jasa dan Industri

    Potensi dan peluang investasi ini dapat dilihat secara lengkap melalui website DPMPTSPNAKER Kota Palangkaraya (https://dpmptspnaker.pangkalpinangkota.go.id/penanaman-modal/peluang-investasi/)

    Selain potensi investasi yang telah disebutkan di atas, pembangunan museum khusus di Pangkalpinang menjadi salah satu proyek yang ingin dilakukan Kota Pangkalpinang tahun 2020 ini. Gedung Nasional, salah satu gedung tua yang sudah tidak terpakai di Pangkalpinang direncanakan akan direnovasi dan digunakan sebagai museum khusus tersebut.

Prioritas Daerah

Pada tahun 2020, prioritas pembangunan daerah di Kota Pangkalpinang terbagi menjadi tujuh prioritas pembangunan. Hal ini sesuai dengan isu strategis yang ada di Pangkalpinang yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang. Prioritas pembangunan [u1] di Kota Pangkalpinang pada tahun 2020 terdiri atas (Hardi, 2019):

  1. Pembangunan infrastruktur publik dan optimalisasi penataan ruang daerah
  2. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pemanfaatan sumber daya daerah
  3. Perbaikan tata kelola pemerintahan dalam percepatan reformasi birokrasi
  4. Pengembangan dan penguatan potensi ekonomi sektor unggulan
  5. Peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan pengarusutamaan gender
  6. Peningkatan daya saing dan pelestarian seni budaya daerah
  7. Optimalisasi penanggulangan dan mitigasi bencana
Payung Hukum dan Kebijakan yang Mendukung TPB
  • Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 4 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2013-2018
  • Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Pangkalpinang tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2018-2023
Status Pelaksanaan TPB Terkini

Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Sustainable Development Goals (SDGs) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini belum selesai dibuat dan masih berada pada tahap rapat koordinasi implementasi. Hal ini membuat Kota Pangkalpinang belum merancang dokumen RAD SDGs. Meskipun begitu, pemerintah Kota Pangkalpinang telah memiliki komitmen untuk menyelaraskan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan SDGs. Pemerintah Kota Pangkalpinang juga telah mengirimkan matriks data pembangunan terkait TPB ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk kepentingan penyusunan RAD.

Status Pelaksanaan TPB:

  • Masih banyak anak yang putus sekolah di Kota Pangkalpinang
  • Luas pemukiman kumuh di Pangkalpinang mengalami penurunan
Strategi Pemerintah Provinsi untuk mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk menyelaraskan RPJMDnya dengan indikator-indikator TPB
Praktik TPB

SDGs 11 – Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)

Program Kotaku merupakan program dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memberikan fasilitas bagi pemerintah daerah dan komunitas dalam upaya mengurangi pemukiman kumuh di Indonesia. Program yang juga dilaksanakan di 269 kabupaten/kota ini juga mendukung gerakan 100-0-100 yang artinya 100 persen universal air minum, 0 persen pemukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Meskipun pada tahun 2019 luas pemukiman kumuh di Pangkalpinang belum mencapai 0 persen tetapi program ini dinilai berhasil dalam upaya pengurangan luas pemukiman kumuh yang turun menjadi 21,90 Ha di tahun 2019 (Kotaku Provinsi Bangka Belitung, 2020).

Kontak

Bappelitbangda Kota Pangkalpinang

Jl. Basuki Rahmat No. 9, Sriwijaya, Kec. Girimaya,
Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33143
telp: (0717) 422092
email: bpd.pkpinang@yahoo.com / ekososbudpem.bp4d@gmail.com
website: http://bappedalitbang.pangkalpinangkota.go.id

Sumber:

Aklil, M., 2020a. PGK: Kota Beribu Senyuman. [Video instagram], Diakses dari https://www.instagram.com/tv/B6vOW7pB-jJ/ 

_______, 2020b. PGK Ready Go Internasional. [Video Instagram], Diakses dari https://www.instagram.com/tv/B8GyU2rh1NM/?igshid=rl4p70qrbdnk

Bangkapos.com, 2018. Bappeda Gelar Bimtek Pembuatan KLHS RPJMD Kota Pangkalpinang. [Online], Diakses dari https://bangka.tribunnews.com/2018/07/30/bappeda-gelar-bimtek-pembuatan-klhs-rpjmd-kota-pangkalpinang

BPS Kota Pangkalpinang, 2019. Kota Pangkalpinang Dalam Angka 2019. https://pangkalpinangkota.bps.go.id/publication/2019/08/16/4aa5225f3cdc7eed46c04287/kota-pangkalpinang-dalam-angka-2019.html