CLOSE
Aplikasi Portal Desa Digital sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Desa Wayamiga
Desa Wayamiga
Maluku Utara

Industri, Inovasi, Dan Infrastruktur

Berkurangnya Kesenjangan


Sebuah inovasi baru diciptakan oleh Sekretaris Desa Wayamiga sebagai upaya dalam melayani masyarakatnya melalui sebuah aplikasi Portal Desa Digital. Portal digital ini berbasis pada sistem informasi untuk melayani masyarakat Desa Wayamiga, dan telah dioperasikan sejak tahun 2019 awal hingga saat ini. Selain itu Desa Wayamiga juga pernah berkolaborasi dengan desa-desa tetangga yang berada di Kota Labuha untuk memanfaatkan teknologi yang sudah dikembangkan dengan melakukan inovasi untuk memajukan sistem administrasi melalui aplikasi Portal Desa Digital guna mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya untuk mengakses informasi dan layanan publik. 

Desa Wayamiga yang bertempat di Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara merupakan desa yang memberikan pelayanan publik dengan cepat dan efisien serta mengedepankan pelayanan dan pengolahan data yang berbasis Information Technology (IT), yang di dalam aplikasi Portal Desa Digital tersebut memiliki berbagai macam informasi, mulai dari profil desa yang berisikan visi-misi, sejarah, hingga peta desa. Terdapat pula informasi yang berkaitan dengan pemerintah desa dan lembaga-lembaga yang ada di desa seperti LPMD (Lembaga Kemasyarakatan Desa), TP-PKK, Karang Taruna, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi Portal Desa Digital, masyarakat juga dapat mengakses langsung informasi tentang APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) termasuk alokasi dan realisasi Dana Desa setiap tahunnya, serta mengakses informasi tentang data wilayah administratif, data warga negara, hingga data penerima sembako pemda. Selain itu, aplikasi Portal Desa Digital juga memiliki beragam panduan layanan, seperti persyaratan permohonan Kartu Keluarga, hingga pembuatan E-KTP. Untuk mendapatkan layanan ini, setiap warga Desa Wayamiga diwajibkan terdaftar dan terdata dalam sistem aplikasi Portal Desa Digital dan menyertakan dokumen pendukung seperti KK atau KTP. Masyarakat Desa Wayamiga juga dapat melaporkan dan menyampaikan komentar dan aspirasinya melalui Portal Desa Digital. 

Sebagai upaya yang dilakukan Desa Wayamiga untuk berkembang menjadi desa yang maju dalam berbagai aspek, baik SDM, Kesehatan, Kesejahteraan, Ekonomi, dan Pelayanan Publik, maka inovasi aplikasi Portal Desa Digital dapat berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yaitu TPB 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) dan TPB 10 (Berkurangnya Kesenjangan). Melalui inovasi yang dilakukan, Desa Wayamiga dapat mendukung pengembangan teknologi di daerah untuk mengurangi kesenjangan dalam mengakses teknologi informasi dan komunikasi serta akses internet yang terjangkau untuk seluruh masyarakatnya.

 

Referensi: 

Redaksi Media Nasional. (2020). Inovasi Baru Sekdes Wayamiga, Ciptakan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Portal Desa Digital. Diakses pada 30 Desember 2020 dari: https://www.medianasional.id/inovasi-baru-sekdes- wayamiga-ciptakan-pelayanan-publik-melalui-aplikasi-portal-desa-digital/

Beranda. Portal Desa Digital Wayamiga. Diakses pada 30 Desember 2020 dari https://www.wayamiga.desa.id

Sumber Gambar:  https://wayamiga.desa.id


Kontributor:

Marsha Nabila

Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten

UCLG ASPAC

LOCALISE SDGs Project Intern