CLOSE
Empek Ikan Belida, Solusi Proaktif untuk Atasi Katarak di Pelosok Sumatera Selatan
Sumatera Selatan

Tanpa Kemiskinan

Kehidupan Sehat Dan Sejahtera

Berkurangnya Kesenjangan


Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan inovasi layanan publik untuk meningkatkan kesehatan dan keberfungsian sosial masyarakatnya melalui program Empek Ikan Belida (EIB) “Eyecamp Project: Inisiatif Kontra Kebutaan Bergerak Keliling Daerah”. Sesuai dengan nama yang diusung, program ini  berupaya untuk menjawab tantangan pemberian layanan pengobatan bagi masyarakat penderita katarak di Sumatera Selatan yang pada tahun 2011 atau 1 tahun sebelum dilaksanakannya program, terdapat sebanyak 0,78% penderita dari total  keseluruhan penduduk (7.446.401 jiwa). Selain itu, program ini juga menjawab tantangan terbatasnya jumlah dokter khususnya di wilayah pelosok dan terpencil yang menyulitkan penderita katarak mengakses layanan kesehatan.

Program EIB ini dilaksanakan dengan metode jemput bola atau berkeliling hingga ke pelosok wilayah Sumatera Selatan. Dalam pelaksanaannya, program ini terlebih dahulu melakukan identifikasi awal dari data Puskesmas setempat yang dilanjutkan dengan koordinasi pemerintah daerah setempat. Setelah diidentifikasi, tim skrining yang telah dibentuk akan turun lapangan untuk melihat indikasi awal penderita dan kemudian mempersiapkan sarana prasarana layanan serta obat-obatan. Selanjutnya, tim pelaksana yang berjumlah 11 orang, terdiri dari dokter mata, perawat mahir mata, anastesi, asisten operator dan supir, akan mengunjungi titik-titik wilayah yang sebelumnya sudah diidentifikasi.

Sejak tahun pertama pelaksanaan program hingga tahun 2016 tercatat sebanyak 6.759 penderita katarak yang merupakan kelompok rentan di daerah pelosok telah berhasil dijangkau. Penjangkauan ini telah berhasil mengurangi backlog di daerah sebanyak 18,1% penderita kebutaan katarak dalam setahun. Dengan dilaksanakannya program EIB ini secara langsung berkontribusi dalam capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera, TPB 10 yaitu Berkurangnya Kesenjangan serta TPB 1 Tanpa Kemiskinan. (VK)

 

Sumber:

Santoso, T. A. (n.d.). Empek Ikan Belida, untuk Atasi Katarak di Pelosok Sumsel. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Retrieved 20 March 2020, from https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/empek-ikan-belida-untuk-atasi-katarak-di-pelosok-sumsel

satriamedia.com. (n.d.). Sembuh dari Katarak Berkat EMPEK IKAN BELIDA | Direktori Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Sumatera Selatan. Jipp.Sumselprov.Go.Id. Retrieved 27 April 2020, from http://jipp.sumselprov.go.id/direktori/read/83

Foto, "https://www.vecteezy.com/vector-art/156531-free-ophthalmologist-doing-eye-test-with-machine-illustration"