CLOSE
Praktik Baik TPB Pemberdayaan Petani melalui Program Kartu Petani Berjaya Provinsi Lampung
Lampung

Tanpa Kemiskinan

Tanpa Kelaparan

Kehidupan Sehat Dan Sejahtera


Sektor pertanian merupakan sektor penopang utama perekonomian di Provinsi Lampung. Hal ini dikarenakan pertanian di Provinsi Lampung masih tetap berproduksi untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi penduduk Provinsi Lampung dan wilayah Indonesia lainnnya meski dalam kondisi pandemi COVID-19. Sebagai salah satu strategi pemulihan ekonomi di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini, Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sedang mengembangkan Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) yang bekerja sama dengan beberapa stakeholder dengan sistem yang terintegrasi. Dengan demikian, para petani dapatmengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama. Kartu Petani Berjaya memiliki banyak manfaat, seperti sebagai sarana produksi, akses pembiayaan, penanganan panen dan pasca panen, pemasaran hasil, jaminan sosial, hingga jaminan pendidikan pertanian bagi petani yang sukses.

Sekarang sudah ada lebih dari 17 ribu petani yang sudah terdaftar sebagai anggota PKPB di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.Banyak juga hal yang sudah dilakukan melalui program PKPB ini, karena sejak November 2019 sampai Juni 2020 sudah dilakukan pematangan konsep, sosialisasi dan bimtek, pelatihan petugas operator, orientasi bersama forum petani Lampung, pembuatan MoU bersama perbankan dan pabrik pupuk, audiensi dan sosialisasi di seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Lampung serta pemantapan data sampai implementasi sistem teknologi informasi. Pemasaran online juga dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung di beberapa dinas seperti Pasar Berjaya dengan dinas perdagangan, Pasar Pedia dengan dinas UMKM, Toko Tani Indonesia dengan dinas pertanian dan juga upaya melakukan direct selling dengan bekerja sama dengan ojek online. 

Dengan adanya program PKPB ini,Pemerintah Provinsi Lampung berkontribusi terhadap beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) antara lain TPB 1 (Tanpa Kemiskinan) TPB 2 (Tanpa Kelaparan), TPB3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) dan TPB 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). 

 

Sumber: 

Setiaji Bintang Pamungkas (2020). 7.235 Petani Terdaftar di Kartu Petani Berjaya. Diakses dari: https://www.lampost.co/berita-7-235-petani-terdaftar-di-kartu-petani berjaya.html#:~:text=Program%20Kartu%20Petani%20Berjaya%20(KPB)%20adalah%20suatu%20program%20yang%20menghubungkan,proses%20pertanian%20secara%20bersama%2Dsama.

Setiaji Bintang Pamungkas (2020). 17 Ribu Petani Gabung Program Kartu Petani Berjaya. Diakses dari: https://www.lampost.co/berita-17-ribu-petani-gabung-program-kartu-petani-berjaya.html 

Adi Sunaryo (2020). Mentan Apresiasi Program Kartu Petani Berjaya Diakses dari: https://www.lampost.co/berita-mentan-apresiasi-program-kartu-petani-berjaya.html


Kontributor:

Ajeng Wulandari

Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta

UCLG ASPAC

Intern