CLOSE
Pelatihan Nasional: Penguatan Peran Pemerintah Daerah pada Implementasi TPB
July 29, 2019

United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Uni Eropa menyelenggarakan pelatihan nasional kedua pada tanggal 24-25 Juli 2019 di Jakarta, untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Sebagai bagian dari program LOCALISE SDGs (Leadership, Ownership and Capacities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment on Sustainable Development Goals), pelatihan selama dua hari ini melibatkan 30 pejabat pemerintah daerah dari 16 provinsi dan 14 kota di seluruh Indonesia. sebuah upaya bersama antara UCLG ASPAC dan APEKSI untuk mengembangkan kapasitas pemerintah daerah dan asosiasinya dalam mengimplementasikan Agenda 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.


Pelatihan nasional yang juga didukung oleh Tanoto Foundation ini akan fokus pada bagaimana mengembangkan dan mengadvokasi sistem dan lingkungan yang kondusif bagi pemerintah daerah untuk mengimplementasikan Agenda 2030. Pelatihan ini akan menggunakan berbagai metodologi dan pendekatan pembelajaran dari UCLG seperti Modul Pelokalan TPB, pembelajaran peer to peer, pembelajaran bersama, dan produk pengetahuan serta studi kasus dari LOCALISE SDGs, mitra, dan kementerian terkait.


Dengan tema “Penguatan Peran Pemerintah Daerah pada Implementasi TPB”, pelatihan dibuka secara resmi oleh Ibu Indah Sri Wibi Nastiti, Direktur Eksekutif APEKSI, Mr Hans Farnhammer, Kepala Kerja Sama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, dan Bapak Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

Materi pelatihan dapat diunduh/download di SINI