CLOSE
Sekilas Hasil Baseline Survey Program LOCALISE SDGs
March 3, 2019

Kerjasama UCLG Aspac - APEKSI dalam kerangka Program LOCALISE SDG, dengan dukungan Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darusallam,  memasuki tahap kedua pada tahun 2019 ini. Salah satu kegiatan utama yang sudah dilakukan salah adalah Baseline Survey untuk melihat kapasitas pemerintah daerah dalam melaksanakan TPB pada 30 wilayah kerja program, yang terdiri dari 16 provinsi dan 14 kota. Hasil survey masih dalam tahap penyelesaian akhir dan ada beberapa catatan menarik dari hasil sementara ini.

Baseline Survey melihat kapasitas pemerintah dari sisi situasi terkini pelaksanaan TPB, dukungan lingkungan dan program para diplomasi selama semester kedua 2018. Survey diawali dengan analisis data sekunder, FGD pada saat Kick Off untuk mengetahui pemahaman TPB pada peserta, pengumpulan data menggunakan kuesioner, evaluasi pelatihan lokal, analisis hasil kuesioner, pengembangan isu strategis dan pada akhirnya tim menyusun rekomendasi strategis.

MDGs ternyata menjadi modalitas yang cukup mumpuni bagi pemerintah daerah untuk membantu pemahaman TPB dan pemda tidak menemukan kesulitan dalam menyelaraskan TPB dengan ageda pembangunan daerah. Dari 16 provinsi yang menjadi target program, 13 diantaranya memiliki pemahaman yang baik terkait TPB. Sementara untuk kota target, Jambi, Bengkulu, dan Pangkal Pinang adalah tiga kota yang memiliki pemahaman yang baik.

Berdasarkan survey, sebagian besar provinsi yang menjadi target program memiliki lingkungan yang mendukung pelaksanaan TPB, dari sisi komitmen politik, peraturan daerah, fasilitasi pemahaman TPB, pencapaian indikator TPB, potensi dan keterlibatan pemangku kepentingan. Jawa Barat dan Kota Pangkal Pinang menempati urutan teratas untuk provinsi dan kota yang memiliki lingkungan yang mendukung pelaksanaan TPB. Para diplomasi ternyata masih belum diimplementasikan oleh seluruh pemerintah daerah yang menjadi target program. Hanya 13 pemda yang memiliki kerjasama internasional. Di sisi lain, kerjasama internasional dapat menghela pencapaian target TPB melalui kerjasama teknis, transfer teknologi serta sumber daya finansial.

Hasil baseline survey yang masih dalam proses finalisasi ini memberikan arah baru bagi penyusunan modul dan pelaksanaan pelatihan untuk peningkatan kapasitas Pemerintah Daerah yang akan dilakukan oleh tim LOCALISE SDGs selama 2019 sebagai bagian dari kontribusi UCLG Aspac-APEKSI dalam mencapai target Agenda 2030 di Indonesia.

Oleh Sitti Aminah (KMO LOCALISE SDG)